//
you're reading...
Informasi, Insight

Catatan: Amalan Perusak Hati

بسم الله الرحمن الرحيم

Salah satu tahapan dalam berilmu adalah menyebarkannya, atau menyampaikan apa yang didapat. Dengan membuat catatan atas apa yang saya dapat di sebuah kajian ini, ان شاءالله menjadi keberkahan bagi saya sendiri agar jadi pengingat dan sekedar info atau ajakan untuk menjadi salah satu penyebab bertakwa kepada الله تعالى. Jika ada kesalahan dalam penyampaian, sungguh itu murni kesalahan dari saya ataupun bisikan dari syaithon, mohon dapat dimaafkan dan dikoreksi, dan jika itu benar maka kebenaran itu datangnya dari الله.

Ustadz Ahmad Z. Lc. di Masjid Puri Cinere Ba’da Subuh pada Ahad, 19 Rajab 1438H, memberikan kajian dengan tema Amalan Perusak Hati bagian 3: Kemunafikan.

Terdapat amalan perusak hati, diantaranya 3, yaitu Cinta Dunia, Sombong, dan Kemunafikan. Kemunafikan adalah amalan yang paling besar yang merusak hati.

Telah dibahas pengertian dari kemunafikan, pembagian sifat-sifatnya, sifat atau ciri dari orang yang munafik dan tips atau obat kemunafikan.

Bagian I – Pengertian

Menurut Bahasa, terdiri dari huruf ن – ف- ق yang diartikan terputus / hilang dari sesuatu atau menyembunyikan / tertutup dari sesuatu. Pengertian sifatnya, perkataan berlawanan dengan perbuatan, diungkapkan secara rahasia berbeda dengan yang terang benderang, berbeda masuk dan keluarnya, dan perbedaan lainnya yang serupa.

Penting: Dalam mengkaji pengertian, pengertian secara hakekat lebih penting daripada pengertian sifat. Terkadang sifat menjadi pembatas memahami sebuah makna, oleh karena itu perlu dipahami pengertian secara hakekatnya agar mengetahui pembeda dari setiap yang diartikan dengan lainnya.

Bagian 2 – Pembagian sifat

Dibagi menjadi 2, Munafik karena keyakinan dan karena amalan.

Di jaman Rasulullah ﷺ dan para sahabatnya ﷺ, saat periode di Mekah hanya terdapat dua golongan yaitu kafir/non muslim dan muslimin. Semakin islam dikenal dan periode hanya hijrah ke Madinah, mulai bermunculan golongan kaum Munafik. Salah satunya adalah Abdullah bin Ubay yang membenci Rasulullah ﷺ yang dianggap sebagai pendatang dan pesaing terberat dalam mencari kehormatan tertinggi di mata penduduk Madinah. Pendatang baru, tapi pamornya mengalahkan Abdullah bin Ubay. Hasad inilah yang menjadi penyebab kemunafikannya. Tidak hanya Ustadz Ahmad yang menceritakan keadaan yang berbeda antara masa di Makkah dan hijrah ke kota Madinah ini, tetapi Ustadz Syafiq Riza Basalamah Hafidzahullah juga menceritakannya saat mengisi khutbah Jumat di Masjid Hukama, Ragunan pada 17 Rajab 1438H. (Tema kemunafikan memang lagi jadi trending topic di Jakarta saat ini. Rekaman lengkapnya bisa didengar di #SoundCloud https://soundcloud.com/sidewa/ustadz-syafiq-riza-basalamah )

Kemudian Ustadz Ahmad lanjut menceritakan bahwa Allah berfirman dalam QS Al Munafiqun, dikatakan kepada Rasulullah ﷺ meskipun beristighar 70x untuk kaum munafik, tidak akan diampuni dosa dan kesalahan mereka. Ini pertanda betapa besarnya kesalahan orang munafik.

Munafik yang muncul di jaman tersebut adalah munafik keyakinan.

Sedangkan munafik dalam amalan, menampilkan amal soleh di luar dan dilihat orang tetapi menyelisihi bahkan membenci amalan soleh yang diperbuat ketika sendirian.

Karena di masa Hijrah banyak yang munafik atas keyakinan dan telah diterangkan pula mengenai munafik atas amalan, banyak sahabat yang takut adanya kemunafikan di dirinya, sebagaimana diceritakan oleh sahabat Ibnu Abi Mulaikah:

“Ibnu Abi Mulaikah pernah berkata: Aku telah mendapati 30 orang sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, semuanya khawatir pada dirinya tertimpa kemunafikan.” (HR. Bukhari no. 36)

Sumber : https://rumaysho.com/10836-barangkali-kita-termasuk-munafik.html

Bahkan dalam HR Muslim diceritakan:

Dari Hanzholah Al Usayyidiy -beliau adalah di antara juru tulis Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam-, ia berkata, “Abu Bakr pernah menemuiku, lalu ia berkata padaku, “Bagaimana keadaanmu wahai Hanzhalah?” Aku menjawab, “Hanzhalah kini telah jadi munafik.” Abu Bakr berkata, “Subhanallah, apa yang engkau katakan?” Aku menjawab, “Kami jika berada di sisi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, kami teringat neraka dan surga sampai-sampai kami seperti melihatnya di hadapan kami. Namun ketika kami keluar dari majelis Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam dan kami bergaul dengan istri dan anak-anak kami, sibuk dengan berbagai urusan, kami pun jadi banyak lupa.” Abu Bakr pun menjawab, “Kami pun begitu.”

Kemudian aku dan Abu Bakr pergi menghadap Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu aku berkata, “Wahai Rasulullah, jika kami berada di sisimu, kami akan selalu teringat pada neraka dan surga sampai-sampai seolah-olah surga dan neraka itu benar-benar nyata di depan kami. Namun jika kami meninggalkan majelismu, maka kami tersibukkan dengan istri, anak dan pekerjaan kami, sehingga kami pun banyak lupa.”

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu bersabda, “Demi Rabb yang jiwaku berada di tangan-Nya. Seandainya kalian mau kontinu dalam beramal sebagaimana keadaan kalian ketika berada di sisiku dan kalian terus mengingat-ingatnya, maka niscaya para malaikat akan menjabat tangan kalian di tempat tidurmu dan di jalan. Namun Hanzhalah, lakukanlah sesaat demi sesaat.” Beliau mengulanginya sampai tiga kali. (HR. Muslim no. 2750).


Sumber : https://rumaysho.com/10836-barangkali-kita-termasuk-munafik.html

Masya Allah, Abu Bakar takjub dengan perkataan Hanzalah dan diakui juga olehnya atas ketakutan dan kekhawatiran dirinya sendiri termasuk orang yang di dalam hatinya ada kemunafikan.

Lalu Rasulullah ﷺ menceritakan betapa mulianya jika konsisten yang ditampilkan dan yg disembunyikan untuk selalu beramal soleh, balasannya adalah disalami malaikat atau berjabat tangan di tempat kita tidur atau berjalan.

Ada 20 sifat munafik, dengan 10 yang dibahas di kajian dengan ustadz Ahmad pada ahad kemarin dan obat atau tips kemunafikan. Semoga الله memberikan kesempatan di lain waktu untuk meneruskan tulisan ini.

Menjelang terbit matahari ba’da Subuh, الحمدلله masih kebagian solat Subuh dan sempat menuliskan catatan ini.

Advertisements

About Abu Razka

Saya hanya seorang manusia biasa yg sejak kecil gemar berpikir dan "melihat" sekitar.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Jumlah pukulan

  • 68,461 pukulan

Gravatar


kayanganku is my personal blog. nothing special or specific niche. Just me and my fraction of thought.

Kicau si Dewa (Twitter)

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

%d bloggers like this: