//
you're reading...
Business, Change, Informasi, Insight

Agen-agen Perubahan hadir di tengah masyarakat dan menyebarkan Ide Baru

change_agentsKenal Everett Rogers dan teori difusi inovasinya? Saya baru mengenalnya 2 tahun kurang, ketika mencari topik tesis untuk studi master saya. Idenya menarik untuk kita memahami penyebaran ide baru dan tahapan-tahapannya. Tapi apa benar kenyataan yang terjadi sama dengan teori yang dia usulkan?
Tesis yang saya buat, dengan dasaran teori dari Rogers ini, mencoba melihat fakta dari yang terjadi di ITB. Dalam hal ini, ide yang disebarkan adalah ide dari fakultas atau warga kampus dalam rangka memajukan kampusnya atau proposal atau program kerja yang mencari sponsor atau donatur.
Nyatanya benar yang dikatakan Rogers bahwa komunikasi Personal lebih efektif dalam membujuk dibandingkan komunikasi masal. Alumni yang dilibatkan dalam program, yang memahami penuh keadaan program studi, mensponsori kegiatan bahkan menginisasi program-program baru.
Bentuk komunikasi yang dilakukannya adalah meluangkan waktu setiap minggunya untuk hadir di tengah anggota fakultas, dan fakultas juga memberikan ruang selayaknya kantor atau rumah bagi alumni tersebut. Komunikasi yang personal ini menciptakan situasi saling memahami, sehingga tahu betul kebutuhan dan kemampuan kedua belah pihak. Tidak jarang juga kedua belah pihak terlibat dalam berbagai pekerjaan bersama. Cantik sekali hubungan komunikasi seperti ini. Ide-ide baru saling ditangkap dan dilemparkan dan dengan mudahnya dijalankan.
Komunikasi masal cukup baik untuk menyebarkan informasi, tapi katanya tidak cukup baik untuk membujuk. Tapi dengan perkembangan media hingga seperti sekarang ini, lingkup komunikasi masal dan personal menjadi wilayah yang sulit untuk dipisahkan. Kecuali jika kita melihat lebih jauh siapa yang menyampaikan pesan, ke siapa yang dituju dan seberapa besar yang dapat membaca atau melihatnya.
Ada saatnya ketika komunikasi masal dapat memberikan pengaruh yang baik layaknya komunikasi personal dalam membujuk lawan bicara/pendengar untuk menerima ide baru. Ketika yang menyebarkan adalah orang yang sudah dipercaya oleh pendengar pesan. Baik itu public figure atau sahabat baiknya. Di sinilah agen-agen perubahan bekerja.
Agen perubahan punya pengaruh kepada orang banyak dan mampu membangun pengaruh tersebut kepada orang yang banyak.
Apakah anda kenal dengan agen perubahan di lingkungan anda?

About sidewa

Saya hanya seorang manusia biasa yg dipanggil Dewa sejak kecil yang gemar memandang langit² (berkhayal & berpikir).

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Jumlah pukulan

  • 66,485 pukulan

Gravatar


kayanganku is my personal blog. nothing special or specific niche. Just me and my fraction of thought.

Kicau si Dewa (Twitter)

%d bloggers like this: