//
you're reading...
Astronomi, Informasi, Insight

Memahami Data Close Approach NEO NASA

Melanjutkan posting sebelumnya dan pembahasan dengan beberapa rekan astronom, ada baiknya saya sedikit menceritakan metode membaca data Close Approach yang dipublish oleh program Near Earth Object NASA.

Sebelumnya saya ingin sedikit mengutip dari web NEO NASA sebagai berikut:

Near-Earth Objects (NEOs) are comets and asteroids that have been nudged by the gravitational attraction of nearby planets into orbits that allow them to enter the Earth’s neighborhood. Composed mostly of water ice with embedded dust particles, comets originally formed in the cold outer planetary system while most of the rocky asteroids formed in the warmer inner solar system between the orbits of Mars and Jupiter.

Dari sini dapat dilihat definisi NEO adalah komet dan asteroid yang memasuki pekarangan Bumi. Masuk pekarangan Bumi, berarti jarak perihelion objek adalah kurang dari 1.3 AU (AU = Astronomical Unit yg sepadan dengan jarak Bumi – Matahari ~ 150jt km).

Data Close Approach NEO NASA memiliki tabel sebagai berikut:

Kolom Tabel Upcoming Close ApproachObject Name: dah pasti namanya..

Close Approach Date: Tanggal si objek paling dekat dengan Bumi

Miss Distance: Jarak dari Bumi, dibilang Miss bukan gara2 dia cewe lho.. tapi maksudnya meleset. satuannya AU ~ 150jt km. Kalau satuannya LD = Lunar Distance ~ 384.000 km (Bumi – Bulan).

Estimated Diameter: Estimasi diameter, dihitung berdasar albedo p dan magnitudo mutlak H si objek. Rumusnya adalah log d = 3,122 – 0,5 log p – 0,2 H,  Bowell n Lumme th.1979 bikin papernya untuk estimasi diameter ini.

H (mag) : magnitudo mutlak. lihat posting saya dengan judul Terang Bintang. Jadi inget alm. Prof. Wienardi Sutantyo yg mengajarkan saya di kuliah Astrofisikanya. hiks.. sedih

Relative Velocity (km/s) : Kecepatan relatif dengan satuan kilometer per detik. Nah ini saya lupa gimana cara nyarinya.. maaph.. ntar dicari dulu referensinya.

Capek lho meres pelajaran pas kuliah beberapa tahun lalu.. hehe..

Mari kita coba lihat data dari satu NEO.Hm.. saya coba analisa objek (2010 JA) yang saya kasih stabilo merah berikut ini:

Upcoming Close Approaches to Earth NASA 6 Mei 2010

Artinya begini kira2, si (2010 JA) ini meleset sejauh 1,9 LD, sekitar 729.600 km (Miss Distance) dari Bumi pada tanggal 8 Mei 2010 (Close Approach Date) dengan kecepatan relatif 8 kilometer per detik. Magnitudo yang diketahui bisa kita pakai untuk mengidentifikasi kelas spektral asteroid. Tentu saja perlu dicari dulu albedonya (p) . Bisa pakai rumusnya Bowell Lumme yg saya kasih di atas.Huee.. ngga nemu kalkulator scientific.. adanya kalkulator dagang ni sekarang. he.he.. ntar deh ya kalo ktemu diupdate lagi tulisannya.. :p

Beneran ih keringatan meres otak untuk bikin tulisan ini. Jadi ingat saat-saat akhir menjelang pengumpulan tugas akhir saya.. terima kasih pak Suryadi Siregar pembimbing saya yg membantu saya waktu itu. Tugas akhir dengan judul “Relasi Empirik Diameter Asteroid dengan fenomena Tsunami dan Gempa” yang saya serahkan pada 2007, ternyata masih terngiang-ngiang sampai sekarang kalau saya lihat berita dan artikel tentang asteroid, khususnya NEO dan PHA. Lho.. ceritanya melebar.. Sudah dulu tulisan saya kali ini. Semoga bisa sedikit memberi pencerahan kepada pembaca blog pribadi saya ini yang penasaran dengan meteorit yang jatuh di Duren Sawit dan Bima akhir2 ini.

Maaf, quotenya guede2 bener.. dari CSS template barunya ni. Ntar dibenerin.. :p

About sidewa

Saya hanya seorang manusia biasa yg dipanggil Dewa sejak kecil yang gemar memandang langit² (berkhayal & berpikir).

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Jumlah pukulan

  • 66,485 pukulan

Gravatar


kayanganku is my personal blog. nothing special or specific niche. Just me and my fraction of thought.

Kicau si Dewa (Twitter)

%d bloggers like this: