//
you're reading...
Informasi, Insight

Ingin berhenti ngroko, Jangan taro Rokok di depan muka

Upaya untuk berhenti menghisap roko kalau sudah mulai kayaknya susah banget. Mau dimatiin ya sayang, dihisap terus ya kepikiran juga sama kesehatan, baik kesehatan diri sendiri atau lingkungan. Lalu bagaimana supaya berhenti? intinya sih ubah pola hidup dan hindari lingkungan peroko atau rokonya itu. Inti dari segala inti, kuatkan niat dan kuatkan pribadi kita utk ga tergoda meroko mskipun di depan qt ada roko atau org yg ngroko dan nawarin roko ke qt. Lumayan sih roko gratis. Sebagai catatan, saya nulis posting ini sambil melawan godaan untuk ambil bungkus roko di depan mata, samping keyboard. Ketika ada keinginan untuk meroko, upayakan alihkan pikiran untuk hal-hal lain yang lebih bermanfaat. Misalnya nulis blog tentang “berhenti ngroko” kyk gini. :p

Langkah praktis yang bisa dikerjakan untuk terhindar dari keinginan meroko bisa saya jabarin di sini:

  1. Lingkungan, carilah lingkungan yang tepat. Hangout bareng non-smoking fren, buatlah diri kalian nyaman berada di lingkungan itu. Klo pun susah cari lingkungan teman yg ga ngroko, pindah deh tempat hangoutnya. Mall-mall dan daerah perkantoran di Jakarta kan sudah banyak tu yang tertib memisahkan smoking & non-smoking area. Kalopun berada di area yg bebas, jadikan itu area non-smoking dengan mlihat orang-orang sekitar. APakah ada keluarga dan teman yang kita sayangi di sekitar kita dan tegakah diri lu untuk membuat mereka menjadi proko pasif yang konon kabarnya lebih fatal dibandingkan proko aktif?
  2. Sibukkan diri sama hal-hal yang positif, kontrol Stress. Lagi-lagi usahakan berada di lingkungan / area non smoking. Stres hal yang wajar kalo lagi sibuk. Kalau sudah stres, biasanya cari pelarian.. salah satunya buka bungkus roko dan mulai ngundut. Ubah kebiasaan itu dengan mnyediakan permen atau hadapi dan terima aja stresnya itu dan lewati. Bakal lebih kuat ngadepin masalah itu kok dibanding plarian dengan ngroko yang malah nge-build up masalah dan penyakit.
  3. Cari support atau cari informasi tentang bahaya meroko. Support dari kawan dan keluarga terdekat akan sangat membantu. Informasi tentang bahaya meroko juga pastinya berguna, baik untuk diri sendiri atau lingkungan. Seperti bahayanya meroko setelah Makan yang konon kabarnya 10x bahaya meroko di waktu-waktu lain. Dengan informasi seperti itu, kita juga merasa ragu untuk meroko setelah makan, padahal di saat-saat itulah roko paling nikmat dirasakan. Kembali lagi kuatkan niat.
  4. Cek kesehatan. Review track record kesehatan. Apakah mulai ada penyakit yang timbul setelah memulai kebiasaan merokok atau fisik yang berubah? Ada baiknya dipertimbangkan untuk mengurangi atau bahkan berhenti merokok kalau memang timbul penyakit-penyakit itu. Ada kalanya terserang penyakit menjadi keuntungan untuk memulai berhenti merokok. Tapi jangan berhenti tidak merokok saat sudah tidak sakit. Ingat kembali sakit itu. Rasakan dan ingat bagaimana kondisi sakit itu menyusahkan dan merepotkan banyak orang. Bahkan membuat produktivitas kita berkurang.

Ulangi dan simpan baik-baik di ingatan kita langkah-langkah tersebut. Tentu saja masih banyak langkah lain yang lebih efektif, tergantung masing-masing individu. Lagi-lagi intinya adalah, kuatkan niat dan kuatkan pribadi kita untuk berhenti merokok. Memang sih bakal ada tantangan dan cobaan, apalagi berbagai falsifikasi dan pembenaran yang muncul bergejolak dan berkecamuk di pikiran. Ya itu wajar.. bertahan terus demi kehidupan yang lebih bermakna dan sehat untuk kita dan lingkungan teman dan keluarga yang kita sayangi.

About sidewa

Saya hanya seorang manusia biasa yg dipanggil Dewa sejak kecil yang gemar memandang langit² (berkhayal & berpikir).

Discussion

3 thoughts on “Ingin berhenti ngroko, Jangan taro Rokok di depan muka

  1. slmat berjuang!😀

    *baru tau templatenya berubah*

    Posted by pinah | April 25, 2010, 10:32 pm
  2. yak.. thx pin.. trnyata bs brenti ngroko pas nulis posting ini.. bsknya, tetep ngroko. hehe..

    Posted by ddewa | April 28, 2010, 5:54 am

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pingback: Tweets that mention Ingin berhenti ngroko, Jangan taro Rokok di depan muka « KAYANGAN si DEWA -- Topsy.com - April 26, 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Jumlah pukulan

  • 66,485 pukulan

Gravatar


kayanganku is my personal blog. nothing special or specific niche. Just me and my fraction of thought.

Kicau si Dewa (Twitter)

%d bloggers like this: