//
you're reading...
Uncategorized

Membuat Website Sendiri

Dengan mulainya masa web 2.0 yang memudahkan pengguna internet, membuat website sendiri, untuk perusahaan maupun individu jadi terasa mudah. Hanya diperlukan sedikit pengetahuan pemakaian internet dan sedikit kreativitas.  Beberapa kali saya sudah coba beberapa layanan dalam membuat website, bahkan dahulu kala (sok tua.. padahal emg iya) saya membuat website benar-benar manual dengan menggunakan html dan php. Merasa tidak cocok di tengah jalan karena harus benar-benar super detail melihat algoritma dan bahasa pemrogramannya, sudahlah saja hanya jadi angin lalu.

Sebenarnya membuat website sangat mudah, hanya memerlukan:

  1. Domain, kalau ingin memiliki nama unik untuk website
  2. Hosting, untuk menyimpan data file website

Domain, Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih domain. Kalau ingin mendapatkan website super gratis, banyak layanan dengan pilihan imbuhan di belakang domain yang memang membuat nama web menjadi sedikit lebih panjang, seperti menjadi kayanganku.net.com atau kayanganku.890m.net atau apalah itu. Ada macam2, coba googling.. bahkan ada yang memberikan komplit dengan hostingnya.

Kalau ingin memilih domain yg lebih pendek, hanya dengan imbuhan .com, .net, atau .co.id biasanya ini adalah layanan berbayar tahunan. Rentang harganya dari Rp. 50.000 sampai Rp. 150.000. Untuk domain dengan imbuhan .co.id, or.id dan semacamnya biasanya ada syarat-syarat yang harus dipenuhi. Diperlukan berkas seperti akta pendirian perusahaan, NPWP, SIUP/TDP dan KTP si penanggung jawab website.  Tentu saja untuk mengurus website ini, harus melalui PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) dan agak lebih mahal dibandingkan domain biasa seperti .com. Untuk mengurus ini juga mudah sebenarnya, coba saja masuk langsung ke website PANDI, http://www.pandi.or.id. Terlepas dari kemudahan dan kecepatan proses online, perlu ada dorongan juga untuk mempercepat administratif, oleh karenanya diperlukan layanan jasa dari rekan-rekan yang sudah biasa mengurusinya. Banyak sekali layanannya, saat ini saya menggunakan layanan dari rekan-rekan qwords atau indovps. Masih banyak layanan lain, coba lagi-lagi digoogling.

Kalau sudah mendapatkan domain, misal saya membuat website dengan nama domain, kayanganku.com. Hal berikutnya adalah Hosting.

Hosting, bisa disebut juga penyewaan ruang sebagai penyimpanan data-data / file-file yang diperlukan untuk isi dan pengelolaan website.

About sidewa

Saya hanya seorang manusia biasa yg dipanggil Dewa sejak kecil yang gemar memandang langit² (berkhayal & berpikir).

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Jumlah pukulan

  • 66,485 pukulan

Gravatar


kayanganku is my personal blog. nothing special or specific niche. Just me and my fraction of thought.

Kicau si Dewa (Twitter)

%d bloggers like this: