//
you're reading...
Astronomi, Informasi

Gerhana Merdeka Indonesia

Gerhana bulan dan matahari memberikan rasa yang berbeda di Agustus 2008 ini. Mulai dengan gerhana matahari total pada awal Agustus dan gerhana bulan sebagian pada hari kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2008. Sayangnya gerhana matahari total, 1 Agustus 2008 tidak mampir di Indonesia. Bayangan umbra gerhana matahari total berawal dari wilayah Canada dan melebar ke bagian utara Greenland, Arctic, Rusia tengah, Mongolia dan China, berakhir saat matahari tenggelam. Sayangnya ketika puncak gerhana terjadi, Indonesia tidak bisa menjadi saksi. Lain dengan China, mereka merasakan puncaknya gerhana matahari total dan mengatakan bahwa fenomena ini adalah kado bagi warga China karena berlangsung sehari sebelum pelaksanaan olimpiade Beijing. Tapi Indonesia bisa lebih berbangga karena kado yang tidak kalah hebatnya akan hadir dini hari saat hari kemerdekaan Indonesia ke-63. Cerita lucu terjadi di Indonesia saat gerhana pada tahun 1983.

Indonesia pada tahun 83, mewanti-wanti pada warganya bahwa gerhana adalah fenomena berbahaya. Karena itu, masyarakat tidak keluar rumah saat fenomena ini terjadi. Lain dengan tim ekspedisi dari rekan-rekan astronom Indonesia di saat itu yang menyiapkan sambutan untuk fenomena langka ini. Moedji Raharto, Djoni Dawanas, Asep dan … di Lemigas, Cepu tahun 1983. Saking takutnya masyarakat, tim ekspedisi sampai susah mencari makan karena warung-warung makan tutup semua. Tentu saja hal ini terjadi karena kesalahpahaman masyarakat mengartikan bahayanya fenomena ini. Sebenarnya gerhana matahari berbahaya hanya saat dilihat langsung dengan mata tanpa bantuan alat yang sesuai. Melihat langsung hanya beberapa detik bisa menyebabkan kerusakan permanen pada mata. Oleh karena itu, harus menyiapkan alat seperti filter untuk mengamati fenomena ini. Pastinya masyarakat China, Kanada dan Rusia sudah menyiapkan sambutan untuk fenomena serupa gerhana matahari total pada 1 Agustus yang lalu.

Gerhana matahari total pada 1 Agustus 2008 adalah gerhana ke-47 dari deret Saros 126. Siklus Saros adalah sistem periodik untuk klasifikasi gerhana bulan dan matahari, dengan perkiraan periode selama 6.585,3 hari (18 tahun, 11 hari dan 8 jam). Ketika dua gerhana berjarak hanya satu periode dengan saros yang sama, mereka memiliki geometri yang sama. Gerhana matahari Saros 126 berlangsung pada titik turun bulan dan bulan bergerak ke utara pada tiap gerhananya. Deret ini berawal pada gerhana sebagian di belahan selatan pada 10 Maret 1179 dan berakhir pada 3 Mei 2459 di belahan utara. Total durasi dari deret Saros ini adalah 1280,14 tahun. informasi lebih lanjut tentang siklus saros dapat dicari di website eclipse.gsfc.nasa.gov.

Gerhana bulan sebagian patut ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia sebagai kado hari kemerdekaan. Puncak gerhana mulai terjadi pada 16 Agustus 2008 pukul 21.06 UT atau 04.06 WIB pada tanggal 17 Agustus 2008 dengan tingkat kecerlangan 0,8076. Waktu kejadian adalah sebagai berikut:

Gerhana penumbral mulai pada 18.24 UT (01.24 WIB)
Gerhana sebagian mulai pada 19.36 UT (02.36 WIB)
Puncak Gerhana 21.10 UT (04.10 WIB)
Gerhana sebagian selesai 22.44 UT (05.44 WIB)
Gerhana penumbral selesai 23.55 UT (06.55 WIB)

Siapkan kondisi tubuh dan perlengkapan serta peralatan yang sesuai untuk mengamati fenomena bersejarah ini. Bandrek, kopi dan jaket adalah perlengkapan wajib untuk menunggu dan jangan lupa binokular dan teleskop anda atau teman untuk lebih asyik mengikuti proses ini. Sekali-kali tidak ikut lomba 17-an tidak apalah demi mengamati fenomena ini, karena pertunjukan gerhana ini selesai saat matahari terbit.

About sidewa

Saya hanya seorang manusia biasa yg dipanggil Dewa sejak kecil yang gemar memandang langit² (berkhayal & berpikir).

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Jumlah pukulan

  • 66,485 pukulan

Gravatar


kayanganku is my personal blog. nothing special or specific niche. Just me and my fraction of thought.

Kicau si Dewa (Twitter)

%d bloggers like this: