//
you're reading...
Informasi, Insight, Sains Asyik

Lifestyle Dasar Fisika dan Matematika

Kota metropolitan, kehidupan metroseksual menjamur di tiap sudut kota. Lifestyle sudah berubah, banyak yang berpikir gaya adalah nomor satu. Tidak menurut saya, gaya adalah nomor tiga setelah momentum dan usaha (sadar baru-baru ini saja). Nomor pertama adalah usaha, ketika usaha sudah jalan, momentum akan terbentuk, barulah gaya.

Usaha, dikenal dengan perpindahan suatu massa (benda) dari posisi awal ke posisi akhir dengan jarak tertentu. Usaha dapat dirumuskan dengan W = m.dx. dengan W adalah usaha, m adalah massa benda dan dx adalah jarak perpindahan yang terjadi.

Ketika kita mendiferensiasikan usaha, dalam rumusan matematisnya yaitu turunan dari usaha terhadap waktu, menghasilkan momentum. dW/dt = m. dx/dt, dalam hal ini dW/dt adalah momentum (p) dan perubahan posisi pada waktu tertentu (dx/dt) adalah kecepatan (v). Momentum menjadi p = m.v.

Nah barulah setelah mendiferensiasikan momentum untuk waktu tertentu menghasilkan gaya, dp/dt = m. dv/dt, dalam hal ini dp/dt adalah gaya (F) dan perubahan kecepatan terhadap waktu (dv/dt) adalah percepatan (a).
Maka dapat disimpulkan, gaya adalah nomor tiga.

Tapi harus diperhatikan juga bahwa momentum ternyata dapat juga menghasilkan energi kinetik ketika digabungkan, dalam rumusan matematisnya adalah diintegralkan. Integral dari p = m.v terhadap kecepatan, yaitu p.dv = m.v.dv adalah E = 1/2 m.v2 ydengan p.dv = E dan v.dv = 1/2 v2

Kita dapat lihat dari rumusan di atas, ternyata mau tidak mau kita harus memulai segala sesuatunya dengan usaha. Tidak akan berubah lifestyle atau gaya hidup seseorang jika tidak didahului oleh usaha yang lambat laun menjadi momentum. Secara tidak langsung, disadari maupun tidak disadari usaha yang dilakukan mengubah gaya hidup orang itu.

Energi juga akan tercipta ketika kita menggabungkan usaha yang telah kita lakukan. Ketika seseorang fokus pada usaha yang telah dan sedang dilakukannya, daripada mengharapkan hasil, energi akan tercipta.

Teruskan saja usaha Anda jika memang anda ingin mengubah lifestyle anda menuju arah yang lebih baik. Teruslah ingat, tidak akan berubah nasib suatu kaum jika kaum itu tidak berusaha untuk mengubahnya. Kesalahan dalam menjalankan usaha adalah wajar, hanya diperlukan kebesaran hati untuk menerima kesalahan, memperbaikinya dan meneruskan jalan.

About sidewa

Saya hanya seorang manusia biasa yg dipanggil Dewa sejak kecil yang gemar memandang langit² (berkhayal & berpikir).

Discussion

2 thoughts on “Lifestyle Dasar Fisika dan Matematika

  1. ampun deh dewaaa.. scientist banget sih looo..
    btw, gw link yap.

    Posted by mela | July 1, 2008, 1:00 pm
  2. yia donk.. namanya juga Dewantara.. bebannya besar. Belakngnya juga udah nambah jadi S.Si. Makin berat lagi..

    Posted by ddewa | July 2, 2008, 3:51 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Jumlah pukulan

  • 66,485 pukulan

Gravatar


kayanganku is my personal blog. nothing special or specific niche. Just me and my fraction of thought.

Kicau si Dewa (Twitter)

%d bloggers like this: