//
you're reading...
Astronomi

Alignment Finderscope

Tulisan ini pernah saya posting untuk milis astronomi_indonesia.. siapa tau berguna kalau dipublikasi di blog ini.. Finderscope yang belum sejajar dengan tabung utama akan menyulitkan kita untuk melakukan pointing (mengarahkan teleskop ke objek)..
Untuk melakukan alignment/kolimasi finderscope agar sejajar dengan tabung utama, lakukan langkah berikut ini:

1. Arahkan tabung besar ke sebuah objek jauh.. jgn ke objek langit dulu.. brhubung objek langit selalu brgerak.. misalkan arahkan ke tiang BTS yg byk beredar di manapun akhir2 ini… kenali satu objek di
tiang itu, misal lampunya.. pastikan sudah terlihat lewat tabung besarnya.. sebut saja objek A.

2. kunci geraknya (klem) jgn sampe tabung besar gerak2 lg.. pokoknya ga boleh ada yg gerak.. gerak dikit.. dilihat lagi objeknya.. masih ada pa ngga.. objek A nya.

3. dalam keadaan tabung besar terkunci.. intip dr finderscope.. adakah objek yg sama?? si objek A td itu.. di mana posisi si objek?? pastinya tidak di tengah kan klo dia blum sejajar (kolimasi).. nah..

4. dengan memakai ulir2/sekrup di sekitar finder.. atur biar objek A berada di tengah finderscope.. arahkan ke tengah crossline. ingat!! jgn gerakkan tabung besar..

5. cek lg.. adakah objek A di tabung utama?? apakah objek A berada di tengah finderscope?? klo jawabnya iya… Selamat!! sudah kolimasi..

6. Jangan pernah pegang2 finderscopenya lg.. klo kepegang dan jawaban no 5 adalah tidak.. anda harus ulangi dari 1 lg!!

7.Untuk melakukan pengamatan.. tinggal arahkan teleskop.. dengan penggerak mounting ke objek trsebut. lihat di finder apakah trlihat?? ingat nomer 6!! klo objek trlihat.. arahkan objek ke tengah finder…

voila.. objek jg terlihat di tabung utama.. kalo ngga terlihat..ulangi langkah 1!!

Selamat Mencoba…

About sidewa

Saya hanya seorang manusia biasa yg dipanggil Dewa sejak kecil yang gemar memandang langit² (berkhayal & berpikir).

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Jumlah pukulan

  • 66,485 pukulan

Gravatar


kayanganku is my personal blog. nothing special or specific niche. Just me and my fraction of thought.

Kicau si Dewa (Twitter)

%d bloggers like this: