//
you're reading...
Informasi

Awal Ramadhan 1428H

Hilal sebagai penentu awal bulan Ramadhan, bulan suci umat Islam pada tahun ini dilaporkan tidak dapat dilihat dari kawasan Indonesia. Berikut ini kutipan dari Rukyatul Hilal Indonesia:

Ijtimak/konjungsi awal bulan Ramadhan 1428 H jatuh pada
Selasa, 11 September 2007 Pukul 19:44 WIB / 20:44 WITA / 21:44 WIT / 12:44 GMT

Ijtimak terjadi saat matahari dan bulan berada pada jarak paling dekat, sehingga menghasilkan fase bulan baru atau bulan mati. Hilal menurut hadis Nabi adalah sabit bulan yang pertama kali terlihat dengan mata setelah terjadi ijtimak.

Garis ketinggian hilal di kawasan Indonesia pada hari Ijtimak menunjukkan rata-rata ketinggian hilal antara minus 2,5° sampai dengan minus 4° dibawah horison saat matahari terbenam di masing-masing lokasi. Melihat kondisi tersebut hilal tidak mungkin dapat dirukyat pada hari dan tanggal terjadinya ijtimak.

Beberapa tahun terakhir selalu terjadi perbedaan pendapat antar ormas-ormas Islam dan pemerintah mengenai penentuan awal dan akhir Ramadhan. Pada tahun ini, kecil kemungkinan terjadi perbedaan pendapat dalam penentuan awal Ramadhan dengan melihat berbagai kriteria hilal yang ada.

Sebagian besar kriteria hilal menunjukkan tanggal 13 September 2007 sebagai awal Ramadhan, kecuali kriteria Saudi yang menyimpulkan 1 Ramadhan 1428H jatuh pada tanggal 12 September 2007.

Pemerintah Indonesia menggunakan kriteria Imkanur Ruhyah yang menyimpulkan awal bulan Ramadhan adalah 13 September 2007.

Mutoha sebagai anggota tim BHR DIY menyatakan :

“kurangnya pemahaman terhadap perkembangan ilmu falak sering menyebabkan terjadinya kesalahan identifikasi terhadap obyek yang disebut hilal baik yang sengaja salah maupun yang tidak disengaja

Mutoha pun menyatakan bahwa Saudi memakai kriteria Rukyatul Hilal dengan dasar laporan dari seseorang tanpa melakukan klarifikasi dan konfirmasi terhadap laporan tersebut. Hal ini memang dapat berbuah menjadi kontroversi dalam penentuan awal bulan Ramadhan karena setiap orang bisa saja melaporkan hal yang berbeda karena masing-masing punya persepsi yang berbeda tentang hilal.

Salah satu kriteria hilal yang menunjukkan 13 September 2007 sebagai awal Ramadhan adalah kriteria yang diperoleh dari pertemuan Agama Brunei, Indonesia, Malaysia dan Singapura (MABIMS) menetapkan kriteria yang disebut Imkanur Rukyah dengan

Hilal dianggap terlihat dan keesokannya ditetapkan sebagai awal bulan Hijriyah berikutnya apabila memenuhi salah satu syarat-syarat berikut:
(1)· Ketika matahari terbenam, ketinggian bulan di atas horison tidak kurang dari 2° dan
(2). Jarak lengkung bulan-matahari (sudut elongasi) tidak kurang dari 3°. Atau
(3)· Ketika bulan terbenam, umur bulan tidak kurang dari 8 jam selepas ijtimak berlaku.

Karena syarat tersebut tidak dapat dipenuhi dikarenakan bulan pada saat ijtimak yang berada di bawah ufuk, maka bulan Syaban 1428H digenapkan menjadi 30 hari sesuai tuntunan syariah.

Pemerintah resmi menentukan tanggal 11 September sebagai tanggal Rukyatul Hilal, sedangkan menurut kriteria Danjon tanggal Rukyatul Hilal jatuh pada tanggal 12 September. Penentuan dengan kriteria Danjon akan menunggu hasil pengamatan dari pos-pos pengamatan Rukyatul Hilal di Indonesia pada tanggal tersebut.

Sumber: http://rukyatulhilal.org/visibilitas/1428/ramadhan.html

About sidewa

Saya hanya seorang manusia biasa yg dipanggil Dewa sejak kecil yang gemar memandang langit² (berkhayal & berpikir).

Discussion

2 thoughts on “Awal Ramadhan 1428H

  1. ya Allah manasih yang benar tanggalnya

    Posted by Anonymous | September 7, 2007, 3:24 am
  2. duh, selamat berpuasa dan mohon maaf

    Posted by anggara | September 10, 2007, 12:36 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Jumlah pukulan

  • 66,485 pukulan

Gravatar


kayanganku is my personal blog. nothing special or specific niche. Just me and my fraction of thought.

Kicau si Dewa (Twitter)

%d bloggers like this: