//
you're reading...
Astronomi, Informasi, Sains Asyik

Asyiknya Astrofotografi

Greaf Nebula of OrionSelain menikmati aktivitas menerawang langit dengan mata dan peralatan optik seperti binocular dan teleskop, astronom baik profesional maupun amatir juga pasti menikmati astrofotografi. Astrofotografi menutup kelemahan-kelemahan alat optik dan memberikan sensasi lebih dalam melakukan pengamatan. Banyak hal yang tidak terlihat oleh mata dapat terlihat dengan bantuan kamera. Galaksi, nebula, sistem bintang dan objek lainnya yang redup dapat terlihat dengan bantuan kamera.

Mata manusia hanya mampu menangkap cahaya dengan panjang gelombang visual atau hingga batas kecerlangan tertentu saja. Untuk menangkap wilayah kecerlangan yang lebih redup, detektor cahaya yang lebih peka diperlukan, seperti kamera.

Ketika menggunakan kamera untuk menangkap objek di Bumi -jarak yang dekat- sering kali kamera dilengkapi dengan blitz untuk menambah pencahayaan. Teknik serupa tidak dapat digunakan untuk objek yang jauh -bahkan sangat jauh- seperti bintang, planet, galaksi dsb. Jangan berharap cahaya blitz ataupun senter dapat membantu memberikan cahaya lebih untuk objek-objek di langit agar mudah terlihat. Meskipun cahaya sampai di suatu waktu setelah menempuh jarak yang sangat jauh, cahaya blitz ataupun senter tidak sebanding dengan kecerlangan objek langit yang jauh melebihinya. Lagipula banyak sekali hambatan yang harus dilalui cahaya dari Bumi untuk mencapai objek.

Jadi teknik yang dapat digunakan, bahkan teknik yang memperlihatkan kemampuan alami dari pembuatan kamera, yaitu dengan mengatur bukaan (eksposure) yang lama. Dengan mengatur bukaan (eksposure) atau setting ISO dari kamera, dapat diatur banyaknya cahaya yang ditangkap. Makin banyak cahaya yang dikumpulkan, objek langit dapat terlihat lebih terang.

Sepintas bintang-bintang malam di langit terlihat sama semua, namun dibalik keserupaan itu, terdapat banyak sekali fenomena yang dapat dinikmati dari Bumi. Rangkaian awan-awan gas dan debu angkasa yang membentuk lukisan megah, rangkaian bintang-bintang dan galaksi yang membentang di angkasa, kesemuanya dengan indah menunggu mata manusia menangkapnya.

Next : Bagaimana memilih alat yang tepat untuk menangkap objek-objek langit yang fenomenal..

About sidewa

Saya hanya seorang manusia biasa yg dipanggil Dewa sejak kecil yang gemar memandang langit² (berkhayal & berpikir).

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Jumlah pukulan

  • 66,485 pukulan

Gravatar


kayanganku is my personal blog. nothing special or specific niche. Just me and my fraction of thought.

Kicau si Dewa (Twitter)

%d bloggers like this: