//
you're reading...
Astronomi, Informasi

Bumi dibombardir

Begitu banyak meteor yang membombardir di masa bumi berusia muda. Bumi yang telah diperkirakan berusia 3milyar tahun ini telah dihujam begitu banyak benda dari luar angkasa dan kesimpulan ini diperkuat dengan bukti-bukti geologis yang telah ditemukan.



Tidak hanya bumi, bulan dan anggota tata surya lainnya juga dibombardir sepanjang masa sejak dibentuk. Hingga kini kawah bekas tumbukan dapat dilihat jelas pada permukaan bulan, mars dan merkurius yang proses geologinya sudah berhenti jutaan tahun lalu. Berbeda dengan bumi yang mengikis kawah tumbukan dengan erosi, aktivitas gunung berapi, tektonik dan aktivitas geologi lainnya sehingga bekas tumbukan tidak dapat jelas terlihat.

Tidak ada jaminan meteor berhenti menabrak bumi di masa depan. Hingga saat ini bulan sebagai saudara terdekat bumi saja masih terus mengalami tumbukan. Belum lagi dengan penambahan secara gradual jumlah benda kecil yang terdeteksi berpotensi menumbuk bumi. Potentially Hazardous Asteroids atau PHA adalah asteroid dengan jarak maksimum orbitnya berpotongan dengan orbit bumi sebesar 0,05 AU dan berjari-jari minimal 75 meter. Telah banyak program -program internasional dalam mempelajari asteroid yang berpotensi menimbulkan bencana bagi kehidupan di bumi ini. Salah satu program dari NASA yang disebut dengan program NEA telah mendeteksi 800 lebih PHA hingga awal tahun 2007.

Tidak harus sampai ke permukaan bumi untuk asteroid menimbulkan kehancuran. Tunguska 1908 adalah peristiwa tumbukan yang tidak sampai menimbulkan kawah di permukaan, tetapi berakibat menghancurkan hingga radius 30km karena energi besar yang dilepaskan ketika berbenturan dengan lapisan atmosfer bumi.

About sidewa

Saya hanya seorang manusia biasa yg dipanggil Dewa sejak kecil yang gemar memandang langit² (berkhayal & berpikir).

Discussion

One thought on “Bumi dibombardir

  1. Salam kenal pak, seminggu ini saya dan anak saya lagi iseng surfing di google earth mencari astroblem crater. Kami menemukan beberapa, yang entah benar atau tidak. Penasaran sekali ingin mendiskusikan dengan yang ahli. Mungkin kalo ada waktu bisa mampir ke blog kami untuk melihat apakah “astroblem” versi kami ini benar atau tidak. Terima kasih

    Posted by datyo | March 28, 2008, 10:50 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Jumlah pukulan

  • 66,485 pukulan

Gravatar


kayanganku is my personal blog. nothing special or specific niche. Just me and my fraction of thought.

Kicau si Dewa (Twitter)

%d bloggers like this: